Kamis, 23 April 2020

IDE BISNIS & ANALISIS SWOT (KERUPUK SEBLAK)

IDE BISNIS : KERUPUK SEBLAK "JULID"




Kerupuk seblak merupakan cemilan yang sangat familiar di kalangan masyarakat tua maupun muda. Rasa kerupuk seblak yang pedas dan tekstur yang crispy membuat kerupuk seblak sangat digemari oleh masyarakat. Ditambah dengan harga yang relatif terjangkau membuat kerupuk seblak dapat dinikmati oleh setiap kalangan.
Proses pengolahan kerupuk seblak yang mudah dan tidak memerlukan banyak peralatan, memudahkan semua orang untuk dapat membuatnya. Begitupula bahan baku untuk membuat kerupuk seblak sangat mudah diperoleh, karena kerupuk yang digunakan untuk membuat kerupuk seblak banyak diproduksi oleh masyarakat sekitar. Hal ini menjadikan kerupuk seblak menjadi pilihan masyarakat untuk membangun usaha.
Pada dasarnya kerupuk seblak bukan merupakan produk baru didalam masyarakat, melainkan sudah menjadi makanan pendamping yang biasa dihidangkan diberbagai kegiatan sehari-hari. Namun, dengan menambahkan sedikit inovasi dalam hal cita rasa dan kemasan, dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat kerupuk seblak tersebut. Dengan proses pengolahan yang baik dan benar akan meningkatkan daya simpan atau keawetan dari produk kerupuk seblak ini. Pengemasan yang baik dan benar akan membuat kerupuk seblak tetap terjaga rasanya, serta dengan pengemasan yang sederhana namun menarik akan membuat konsumen tertarik untuk membeli dan juga memudahkan konsumen dalam membawa produk ini sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta di rumah.

VISI    :
“Menjadi pengusaha kerupuk seblak yang terkenal karena kualitas produk dan enak rasanya serta mampu memasok hingga ke berbagai daerah Indonesia.”

     MISI    :
-          Dibuat dari bahan baku berkualitas
-          Melayani konsumen dengan etika yang baik
-          Kepuasan konsumen penghargaan tertinggi kami
-          Terus berinovasi dengan varian rasa yang berbeda
-          Membuat kemasan yang menarik sehingga konsumen tertarik


ANALISIS SWOT “Kerupuk Seblak "Julid"

a)      Strength (kekuatan)
Kekuatan atau kelebihan yang dimiliki oleh usaha kerupuk seblak yaitu :
·        Perolehan bahan pokok atau bahan utamanya mudah di dapat dipasar.
·        Warna tidak berubah.
·        Cemilan renyah dan nikmat.
·        Menjadi oleh-oleh khas.
·        Menjadi cemilan sehari-hari.
·        Bisa dibeli oleh kalangan bawah sampai atas

b)      Weakness (kelemahan)
·        Tidak bisa dikosumsi oleh lansia.
·        Cara pembuatannya mudah ditiru.
·        Banyak saingan.

c)      Opportunity (kesempatan)
·        Mudah dalam pemasaran, karena banyak orang yang tertarik kepada cemilan.
·        Alat dan bahan mudah di temukan, sehingga kami tidak merasa kesulitan dalam pembuatan cemilan ini.
·        Modal yang di butuhkan tidak besar, sehingga kami mampu memproduksinya terus-menerus.
·        Harga terjangkau.

d)      Threat (ancaman)
Ancaman yang mungkin terjadi, yaitu :
·        Adanya produk lain yang lebih menarik.
·        Varian rasa produk makanan lain yang lebih berwarna.
·        Persaingan harga antar produsen dalam pemberian harga.





1 komentar:

  1. Bapak Pedro melalui pedroloanss@gmail.com
    Whatsapp +393510140339 menyetujui pinjaman bisnis yang saya gunakan untuk memperluas proyek agro saya dengan tingkat pengembalian tahunan 2%. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pedro dan tim kerjanya karena telah membantu saya dengan pinjaman sebesar 970.000,00 Euro.

    BalasHapus

IDE BISNIS & ANALISIS SWOT (KERUPUK SEBLAK)

IDE BISNIS : KERUPUK SEBLAK "JULID" Kerupuk seblak merupakan cemilan yang sangat familiar di kalangan masyarakat tua m...